Pemkot Bakal Bangun Rusus Bagi ASN

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pembangunan rumah khusus (Rusus) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Hal ini menyusul dengan diusulkannya 50 unit Rusus ke kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kemen-PUPR).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), Imran Amon, Rusus tersebut dikhususkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam usulan tersebut harus tersedia lahan, minimal satu hektare. “Kita sudah usulkan 50 unit rusus, respon kementerian positif. Nah, masih menunggu verifikasi lahan. Tadinya sudah ada, namun tidak sesuai. Makanya kita cari lahan yang baru, minimal satu hektare,” jelas Amon.

Lanjutnya, Rusus dengan tipe 36 ini akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sebab, nantinya akan disewakan bagi ASN yang berkeinginan menempati rusus tersebut. “Didalam atau diluar Kotamobagu itu boleh saja, yang paling utama menjadi target pembangunan Rusus ini adalah untuk menambah PAD. Syaratnya ASN yang ingin menyewa harus sudah berkeluarga,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perumahan Chelsie Paputungan memastikan rusus tersebut bakal terealisasi. “Respon Kementerian memang sudah baik dengan usulan itu, sehingga dapat dipastikan ini bakal terealisasi, program ini dipastikan terealisasi pada tahun depan. Anggarannya dari APBN dan telah diperjuangkan oleh wali kota agar bisa direalisasikan disini. Kita tinggal memastikan lahan pembangunannya,” tuturnya. (Tr01)

Komentar