Cegah Penyebaran Virus Flu Burung, Pemkot Sediakan Vaksinasi

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Guna mencegah penyebaran virus flu burung pada hewan ternak (unggas), Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, menyediakan vaksinasi untuk menjaga kesehatan ternak.
Hal ini dikatakan Kepala Dispertanak Kotamobagu melalui Kabid Peternakan, Abdul Manap Pudul, bahwa pihanya siap vaksinasi unggas bagi peternak unggas. “Kita telah menyediakan vaksin di Kantor. Karena vaksinasi ini dilakukan untuk meningkatkan status kesehatan ternak,” ujar Pudul, Selasa (24/07/).
Ada juga sejumlah peternak yang secara mandiri melakukan vaksin terhadap unggas mereka. Namun, pihaknya juga tentu tetap mengawasi. ”Ada Vaksin langsung dari peternak sendiri yang laksanakan, mereka hanya datang ambil vaksin disini dan kita berikan. Sementara kita ada penyuluhan di lapangan yang menggerakkan, dan tentu turun langsung monitoring terhadap unggas- unggas,” jelasnya.
Ia pun menambahkan, vaksinasi ini dilakukan kepada kelompok peternak unggas di Kotamobagu secara keseluruhan. “Kelompok peternak di Kotamobagu merata. Tapi, tidak terlalu banyak orangnya. Pada umumnya peternak ayam itu kurang. Ada juga kelompok tapi tidak banyak,” tambahnya. (Tr01)

Komentar