Bupati Bolsel Lantik Dua Sangadi di Pinteng

BOGANINEWS BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Herson Mayulu (H2M) di dampingi Wakil Bupati Iskandar Kamaru, Kamis (19/7) sekira pukul 10.00 WITA, mengambil sumpah sekaligus melantik dua Sangadi (Kepala Desa) masing-masing Sangadi Adow Selatan Sadipon Mongilong dan Sangadi Adow Amirudin Podomi.

Pelantikan dua Sangadi tersebut dilaksanakan di Desa Adow Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng). Dalam sambutannya Bupati menyampaikan selamat kepada Dua Sangadi yang baru saja diambil sumpah dan dilantik. “Selamat kepada dua Sangadi yang baru saja dilantik. Saya berharap, sumpah yang telah di ucapkan, tidak hanya sekadar ucapkan tetapi harus di pertanggung jawabkan kepada Tuhan yang Maha Esa Allah Shubhanallah wa taala,” pinta H2M.

Dijelaskannya, Sangadi merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang ada di tingkat desa. Sebagai pemerintah desa, Sangadi harus melaksanakan segala ketentuan Perundang-undangan dan aturan yang berlaku. “Setiap desa akan mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang besarannya tidak sedikit dan bervariasi. Saya berharap pengelolaanya harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan peruntukannya demi kepentingan masyarakat dan desa,” jelas Bupati.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan dan penyusunan program, harus melibatkan masyarkat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). “Sangadi dan BPD harus menjadi mitra kerja yang baik,” katanya. Bupati juga meminta agar kedua Sangadi yang telah dilantik, harus mampu mempersatukan kembali semua elemen masyarakat yang sebelumnya berbeda pilihan pada suksesi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

“Kembali rajut kebersamaan di tengah masyarakat. Perbedaan pilihan kemarin itu adalah wujud dari demokrasi yang ada. Sehingga itu, sudah saatnya Sangadi bekerja untuk rakyat, bukan untuk sekolompok rakyat dan terus berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan,” pintanya.

Bupati kembali mengingatkan, saat ini Bolsel akan menghadapi HUT Kabupaten ke-10 dan di bulan Agustus juga akan memperingati HUT RI. Maka tanggung jawab Sangadi, membuat desa terlihat indah, bersih, aman dan tentram. “Jabatan Sangadi selama 6 tahun terhitung saat dilantik. Harin ini Saya melantik dua Sangadi dan besok Saya juga akan melantik Sangadi di Kecamatan Posigadan. Pelantikan hari ini berbeda, karena ada Sangadi yang telah terpilih harus menunggu masa berakhirnya SK jabatan Sangadi. Jadi ada beberapa desa belum di gelar pelantikan, karena SK jabatan Sangadi lama ada yang nanti berakhir di bulan September,” terangnya.

Dikatahui, pada pelantikan Sangadi tersebut, dihadiri Pimpinan DPRD Bolsel, Kapolsek Urban Bolaang Uki, Perwira Penghubung, Kapolsek Pinolosian, para asisten, pimpinan OPD, Camat, Sangadi dan masyarakat setempat. (Holan)

Komentar