Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah

BOGANINEWS, BOLSEL – ADA banyak faedah dan hikmah puasa ramadhan yang bisa kita jadikan bahan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Baik ditinjau dari segi rohani, jasmani (kesehatan) maupun sosial kemasyarakatan. Faedah puasa ini dapat dinikmati secara langsung di dunia maupun di akhirat kelak.

Abdul Razak Bunsal, SE

Faedah dan Hikmah Puasa Ramadhan Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis Nabi SAW yaitu, puasa melatih seseorang menjadi penyabar dan tahan marah, bersifat kasih sayang, berakhlak yang mulia dan kuat jiwanya dalam mengekang hawa nafsu sehingga tidak selalu menuruti hawa nafsunya. Puasa juga akan meningkatkan ketakwaan seorang muslim, akan menghilangkan sifat sombong dari hati seseorang sehingga ia akan bersikap tawadhu (rendah hati) dan lemah lembut. Puasa akan menjadikan hati bersih dan lembut, hal ini karena perut yang kekenyangan akan membutakan hati dan susah untuk berpikir dan berdzikir kepada Allah.

Fadli Tuliabu, SH

Diketahui, bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185) yang membahas tentang ibadah puasa. Ayat yang mulia tersebut berbunyi : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.

Ayat ini mengandung banyak pelajaran berharga berkaitan dengan ibadah puasa. Firman Allah Ta’ala ini ditujukan kepada orang-orang yang beriman dari umat manusia dan ini merupakan perintah untuk melaksanakan ibadah puasa.

Segenap Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1439 Hijriah. (ADVETORIAL)

Komentar