KPUD Targetkan 83 Persen Partisipasi Pemilih

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Kotamobagu, menargetkan 83 persen partisipasi pemilih pada Pemilihan Wali Kota Kotamobagu (Pilwako) 27 Juni 2018 mendatang. Menurut komisioner KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo untuk mencapai target tersebut, berbagai upaya terus dilakukan termasuk intens mensosialisasikan tahapan hingga waktu pemungutan suara kepada masyarakat.
“Paling tidak sama dengan Pilwako 2013 yang presentasenya mencapai 83 persen. Lebih dari itu lebih bagus. Kewajiban kita mempertahankan prestasi terbaik nasional,” katanya.
Lanjutnya, peran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga sangat penting dalam meningkatkan angka partisipasi pemilih. “Kita harap PPK maupun PPS mau bekerja penuh waktu mensosialisasikan penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.
Ia menambahkan, sosialisasi harus intens dilakukan. Diberbagai kesempatan yang melibatkan orang banyak harus dimanfaatkan. Hal itu penting dilakukan agar masyarakat bisa tahu tahapan yang sedang berlangsung maupun hari H pemungutan suara.
“PPK harus berinovasi dan kreatif dalam melakukan sosialisasi. Karena keterbatasan anggaran jadi bisa manfaatkan kesempatan ketika ada perkumpulan-perkumpulan minimal sampaikan hari H pemungutan suara pada 28 Juni 2018 serta mengechek nama di daftar pemilih,” tambahnya. (Tr01)

Komentar