Kotamobagu Miliki Sejumlah Wisata Religi

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu menyimpan berbagai potensi wisata yang menjanjikan. Tak hanya wisata alam, tapi ada juga objek wisata budaya dan religi.
Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), terdapat empat objek wisata religi, yakni Masjid tertua di Bolmong Raya (BMR) yakni Masjid Al Huda, yang berada di Desa Kopandakan I, Gereja Masehi Injili Bolmong (GMIBM) di Kelurahan Kotamobagu, Klenteng Tian Shang Shen Mu di Kelurahan Mongkonai, dan Pura Jagatnata Kotamobagu di Kelurahan Mogolaing.
Kepala Disparbud Kota Kotamobagu Agung Adati mengatakan, selain keempat objek wisata tersebut, ada juga Masjid Raya Baitul Makmur (MRBM) yang sedang dalam tahap perampungan. Semua objek wisata tersebut dipromosikan masyarakat khususnya para wisatawan.
“Di sini lengkap, semua agama ada. Bagi para wisatawan yang tertarik dengan objek wisata religi, kita tawarkan tempat-tempat itu,” ujar Agung, Selasa (22/5).
Dia juga mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) sudah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan objek wisata religi tersebut. Selain melakukan festival budaya, salah satu yang dilakukan adalah mendukung perayaan Cap Go Meh oleh Umat Tri Dharma Kotamobagu. “Kemudian ada juga pawai Ogoh-ogoh oleh umat Hindu. Begitu juga seterusnya,” ungkap Agung.
Menurutnya, beberapa objek wisata tersebut juga menjadi ikon dan simbol keberagaman di Kota Kotamobagu. “Ini perlu kita jaga bersama, sebagai ikon dan simbol keberagaman di daerah ini,” tambahnya. (Ino)

Komentar