Pilkades Bolmong Mulai Masuk Tahapan

BOGANINEWS BOLMONG Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akan digelar akhir tahun ini.

Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan Derek Panambunan, terdapat 41 desa yang akan melaksanakan Pilkades. “Ya, ada 41 Desa yang akan dan harus melaksanakan Pilsang (Pemilihan Sangadi–Kepala Desa). Namun ini harus menunggu dulu dana yang baru akan dianggarkan pada APBD Perubahan. Kemungkinan akhir tahun ini,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, anggaran pelaksanaan Pilsang bisa saja menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD). Namun, kata Derek, dikarenakan pelaksanaannya digelar serentak, maka harus dibiayai dengan menggunakan APBD.

“Kalau dilaksanakan secara pribadi bisa mengunakan ADD, tapi ini digelar serentak jadi Pemkab yang membiayai. Untuk tahapannya segera dimulai pertengahan tahun ini,” terang Derek.

Sementara itu, belum lama ini Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengungkapkan, tahapan pelaksanaan Pilsang bisa dibiayai dengan ADD. “Dalam ADD itu ada 30 persen untuk kegiatan pemerintahan bisa diambil dari situ, dan ini sudah saya sampaikan ke Asisten I. Tetapi jika ada Desa yang ADD 30 persen sudah berkurang pada kegiatan yang lain, sebaiknya Pilsang tidak dibiayai dengan ADD, karena pasti tidak akan cukup. Untuk teknisnya sudah saya serahkan ke pak asisten,” jelas Sekda. (mg-01/ily)

Komentar