Pemkab Segera Realisasikan Program Seragam Sekolah Gratis

BOGANINEWS, BOLMONG Program seragam sekolah gratis yang dijanjikan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk, saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 lalu segera direalisasikan.

Menurut Dinas Pendidikan (Disdik) Renti Mokoginta, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pengadaan untuk seragam dan tas gratis yang diperuntukan bagi siswa dan siswi yang ada di Kabupaten Bolmong.

“Untuk seragam dan tas gratis sudah masuk dalam tahapan lelang. Diusahakan sebelum triwulan dua ini berakhir seluruh siswa dan siswi di bolmong segera mendapat tas dan seragam itu,” katanya kepada Koran ini Kamis (5/4) kemarin.

Renti berujar, sejak Januari lalu, seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di bolmong sudah bebas dari biaya sekolah. “Ya, mulai Januari kemari , semua sekolah SD dan SMP sudah gratis. Jima ada, itu pembiayaan komite bagi sekolah swasta. Dan itu hanya kebijakan sekolah dan kebijakan orang tua murid atau wali murid, selebihnya semuanya gratis,” ujarnya.

Dalam setiap sosialisasi yang diadakan, lanjut Renti, pihaknya selalu menyampaikan bahwa semua sekolah itu gratis dalam pembiayaan. “Jika ada yang meminta bayar, maka itu termasuk pungli. Kalau terkait kebijakan komite, itu tergantung orang tua murid, tidak ada paksaan. Ini merupakan visi dan misi ibu Bupati dan Wabup dalam bidang pendidikan, perlahan ini akan terwujud, tentu dibarengi dengan fokus dan usaha,” terangnya. (mg-01/ily)

Komentar