Dispertanak KK Inseminasi 100 Induk Sapi Untuk Tingkatkan Populasi

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkkot) melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dipsertanak), bakal melakukan Inseminasi atau kawin suntik terhadap seratus ekor induk sapi di Kotamobagu demi meningkatkan populasi.
Hal ini dikatakan Kepala Dispertanak Kotamobagu Mulyono Suratinoyo, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Abdul Manap Pudul mengungkapkan, bahwa untuk memenuhi target pemerintah pusat, tahun ini seratus ekor sapi yang siap kawin bakal kami inseminasi buatan atau kawin suntik. “Ini untuk meningkatkan populasi sebagaimana target pemerintah pusat,” ungkap Abdul pada kegiatan Inseminasi ternak sapi di Desa Bungko, Rabu (18/4)
Lebih lanjut kata Abdul, dari kabupaten/kota di wilayah Sulawesi Utara (Sulut), baru Kota Tomohon saja yang mendapatkan program tersebut pada tahun lalu, dan untuk Kotamobagu sendiri baru dilaksanakan pada 2018 ini.
“Tahun lalu Kotamobagu belum mendapatkan program seperti ini, di Sulut baru Kota Tomohon. Nah, tahun ini Kotamobagu mendapatkan program ini, maka kami jalankan sesuai instruksi pemerintah pusat,” ucap Abdul.
Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veternak (Kesmavet) Sry Anggraini, menambahkan sudah ada beberapa lokasi peternakan sapi yang dilakukan Inseminasi. “Sudah tiga lokasi peternakan yang kami lakukan Inseminasi, yakni Desa Kobo Kecil, Desa Poyowa Besar II, Desa Tabang. Dan hari ini di Desa Bungko. Total sudah sepuluh indukan sapi yang dilakukan inseminasi,” tambahnya. (Tr01)

Komentar