Cuaca Ekstrem, Warga Bolmong Diimbau Waspada

BOGANINEWS, BOLMONG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong mengimbau warga, apalagi yang bermukim di pesisir, bantaran sungai dan wilayah rawan longsor agar lebih waspada.

Imbauan ini dikatakan langsung Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/4).

Haris berujar, dengan perubahan cuaca yang belakangan terjadi di Kabupaten Bolmong, masyarakat harus lebih berhati-hati. “Saya kira sering juga disampaikan ketika pada musim cuaca seperti sekarang, terutama yang tinggal di bantaran sungai kemudian di lereng gunung mesti ekstra waspada. Banjir, tanah longsor, kalau dipesisir yakni badai. Warga yang berdomisili di daerah ini patut berhati-hati dan tanggap,” ujarnya, sembari mengingatkan warga lebih mawas diri.

Ia menjelaskan, di wilayah Kabupaten Bolmong hampir sering dilanda bencana, diantaranya banjir dan tanah longsor. “Kita imbau harus ektra waspada, yang sering ditemui di bolmong adalah bencana banjir, bencana tanah longsor dan badai atau angin kencang,” terangnya.

Haris mengungkapkan, bahkan belum lama ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut merilis, cuaca ekstrim masih akan berlangsung sampai beberapa minggu kedepan. “Ada juga peringatan dini baru-baru ini dari BMKG, bahwa akan ada hujan lebat dan angin kencang di beberapa daerah di Sulut. Jadi waspada sangat perlu untuk masyarakat, saya kira itu,” ucapnya. (mg-01/ily)