Wali Kota Terima Investor dari China

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat Walikota Kotamobagu, Muhammad Rudi Mokoginta,  Rabu (8/3) menerima kunjungan investor asal Guangzhou China, dalam rangka untuk mendirikan industri olahan nenas dan kelapa di Kotamobagu.

Menurut Wali Kota, kedatangan investor ini dalam rangka untuk berinvestasi di Bolmong Raya khususnya di Kotamobagu. “Mereka tertarik dibidang pertanian, karena wilayah Kota Kotamobagu memiliki areal kecil untuk perkebunan nenas, maka mereka akan bekerjasama dengan Kabupaten Bolmong untuk perkebunannya, sedangkan untuk pabrik rencannya dipusatkan di Kotamobagu,” jelas Wali Kota

Namun kata Rudi, Pemerintah masih akan mengkaji tata ruang untuk pembangunan pabrik tersebut. “Pabriknya di kita, sementara arealnya di bolmong. Namun pembangunan pabrik ini masih akan melihat letak tata ruang yang ada. Kalau potensi kita melihat ada di wilayah Kopandakan dan Mongkonai,” katanya

Rudi juga mengungkapkan, kalau dirinya sudah mendapat informasi dari Kadis Perkebunan Bolmong, kalau mereka memiliki areal yang sudah tertanam yakni seluas 30 ribu hektar dan masih ada cadangannya sekitar 10 ribu hektare.

“Nah, untuk mendukung investasi tersebut, kita akan menyediakan lahan pembangunan pabrik jika mereka memang serius. Namun tetap akan melakukan pengkajian yang matang juga,” ucap Rudi. (Ino)

Komentar