Wabup Bolsel Buka Musrenbang Kabupaten

BOGANINEWS, BOLSEL Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, mewakili Bupati Hi. Herson Mayulu, Senin (26/3) sekira pukul 15.00 WITA, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun 2018.

Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 dengan tema “Pemerataah Pembangunan Antara Wilayah Dengan Penguatan Infrastruktur , Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Dasar Untuk Mengurangi Kemiskinan”.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, Musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah yang bertujuan mendapatkan masukan-masukan dalam penyusunan RKPD kabupaten. “Diharapkan pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan, serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program tahun anggaran 2019,” jelas Wabup.

Lanjutnya, dengan APBD yang terbatas, maka tidak semuanya dapat dibiayai melalui APBD Kabupaten. Sehingga peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah harus ditingkatkan sinergi dan koordinasi secara intensif dengan pemerintah provinsi dan pusat, agar program pembagunan kita mendapatkan dukungan APBN dan APBD Provinsi. “Begitu juga senergi dengan stakeholder untuk menggerakkan Corporate Social Responsibility (CSR) dan kerja sama pemerintah dengan pihak swasta dengan konsep Public Private partnership,” terang Kamaru.

Ditambahkannya, dalam struktur ekonomi Kabupaten Bolsel memiliki beberapa sektor unggulan diantaranya sektor perikanan, pertanian dan perkebunan, telah memberi kontribusi paling besar dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga diharapkan sektor-sektor lainnya juga mampu memberikan kontribusi yang signifikan guna menunjang pertumbuhan ekonomo di daerah.

“Kedepan kita akan lebih fokus pada peningkatan prioritas unggulan daerah, sebagai pemicu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kita akan meningkatkan produktifitas perikanan dan pertanian, peningkatan kunjungan dan pengembangan destinasi wisata, serta peningkatan produktifitas dan Network Marketing UKM dengan tetap menjamin terlaksananya prioritas wajin yakni pendidikan dan kesehatan dengan ditunjang peningkatan infrastruktur,” papar Wabup.

Turut hadir dapa Musrenbang Kabupaten Bolsel diantaranya Bappeda Provinsi Sulut, para asisten, perwira penghubung, Kepala BPS Bolmong, pimpinan OPD, para Camat dan Sangadi. (Holan)

Komentar