Pemkot akan Siapkan Program Gratis Kesehatan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot), terus menggenjot berbagai program untuk membantu meringankan beban masyarakat. Seperti di Dinas Kesehatan (Dinkes), ada program pemeriksaan mata gratis dan penderita bibir sumbing.

Seperti dikatakan Kepala Dinkes Kotamobagu Devi Ch Lala, bahwa pihaknya memiliki program pemeriksaan mata gratis dan penderita bibir sumbing yang akan dilaksanakan Empat kali dalam setahun.

“Untuk teknisnya, kita akan libatkan Sangadi dan Lurah untuk mengumpulkan masyarakat yang memiliki kelainan mata. Terutama bagi Lansia, akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu kemudian besoknya akan dilakukan operasi,” jelas Devi.

Untuk penderita bibir sumbing katanya, sesuai instruksi Wali Kota Ir Tatong Bara sebelum cuti karena akan maju pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2018 – 2023, telah memerintahakan Dinkes untuk memonitor penderita bibir sumbing agar dilayani dan di operasi secara gratis.

“Hasil koordinasi dengan pihak Rumah Sakit (RS) Prof Kandow, mereka meminta 20 orang bibir sumbing yang nantinya akan dikirim ke gorontalo karena kedua RS tersebut telah bekerjasama,” jelasnya.

Ditambahkannya lagi, sebelumnya instruksi Wali Kota untuk mencari 20 penderita bibir sumbing, pihaknya baru mendapatkan seorang penderita dan sudah dikirim ke Gorontalo untuk di operasi. “Pada triwulan II Tahun ini akan dilakukan monitor lagi bagi penderita bibir sumbing di Kotamobagu untuk operasi gratis,” tambahnya. (Ino)

Komentar