Beranda Bolsel Pemkab Bolsel Gelar FPD RKPD

Pemkab Bolsel Gelar FPD RKPD

0
BERBAGI
Pemkab Bolsel menggelar FPD RKPD

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Herson Mayulu SIP, diwakili Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Selasa (13/4) kemarin sekira pukul 09.00 WITA di kantor Bapelitbangda, membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolsel tahun 2019.

Dalam kegiatan tersebut Sekda menjelaskan, bahwa FPD lintas perangkat daerah merupakan wahana antar pihak – pihak yang bermanfaat untuk pembangunan. “FPD dilaksanakan setelah perangkat daerah menerima surat edaran Kepala Daerah tentang penyusunan Rencana kerja (Renja) Perangkat Daerah,” jelas Sekda.

Lanjutnya, Renja di Bolsel menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten di kecamatan. “Jadi Itu sebagai bahan untuk menyempurnakan Renja Perangkat Daerah kabupaten, yang difasilitasi oleh Bappelitbangda,” terangnya.

Dijelaskannya, tujuan dilaksanakannya FPD terbagi dalam empat poin. Pertama, menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang. Kedua, mempertajam indikator serta target kinerja program antar kegiatan Perangkat Daerah sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah.

Ketiga, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka omptimalisasi sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah. Dan keempat, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing – masing perangkat daerah.

“Forum ini penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Bolsel tahun 2019, yang terintegrasi dan berkelanjutan,” kata Sekda. Sehingga diharapkan forum berjalan dengan lancar dan terkoodinir dan selanjutnya dapat menghasilkan Renja Perangkat Daerah Bolsel yang berkualitas. “Selamat menjalankan tugas dan tetap semangat,” ucapnya.

Diketahui, FPD RKPD dihadiri seluruh Kepala OPD, para camat dan ASN terkait. Kegiatan ini rencananya berlangsung selama dua hari terhitung sejak 13 – 14 Maret 2018. (Holan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.