DPRD Bolmut Minta, Hasil Musrenbang Harus Menjadi Acuan Pembangunan

BOGANINEWS, BOLMUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), meminta pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda), harus menjadi acuan pada pembangunan tahun 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh anggota DPRD Bolmut Robi Lombogia. Menurutnya, hasil dari Musrenbang kabupaten tahun ini, harus sinergi dengan kepentingan rakyat. “APBD adalah milik rakyat dan digunakan untuk membiayai program kerakyatan. Untung mendorong pembangunan yang diinginkan masyarakat, maka Pemda dan DPRD harus bersinergitas dalam meningkatkan pembangunan,” jelasnya.

Ditambahkannya, pembangunan tidak hanya pada sektor infrastruktur jalan dan jembatan. Namun, bisa dalam bentuk pemberdayaan untuk menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera. “Seperti di bidang pendidikan, pertanian dan perkebunan. DPRD juga akan berusaha semaksimal mungkin, agar usulan masyarakat bisa terealisasi. Sebab, kewenangan penganggaran ada di lembaga DPRD,” jelas politisi PDIP ini.

Di sisi lain, Bupati Bolmut Suriansyah Korompot mengatakan, Musrenbang Kabupaten merupakan puncak dari semua tahapan Musrenbang, baik dari tingkat desa maupun kecamatan. “Dengan melihat capaian serta isu strategis pembangunan yang berkembang saat ini, ada beberapa kegiatan prioritas Pemda untuk pembangunan tahun 2019 mendatang,” kata Bupati.

Lanjutnya, Pemda juga akan terus mendorong sektor-sektor produktif untuk menopang pertumbuhan perekonomian daerah, serta meningkatkan daya saing daerah dengan terus memantapkan ketersediaan infrastruktur dasar.

“Kita akan terus memprioritaskan pembiayaan program kegiatan yang benar-benar secara langsung menyentuh masyarakat, melalui rasionalitas program kegiatan dan optimalisasi belanja, dengan tetap memperhatikan usulan kebutuhan masyarakat,” terang Suriansyah. (WaOne)

Komentar