200 IRT Ikut Bimtek dan Pelatihan Ekonomi Kreatif

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdaayaan Perempauan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kotamobagu, Senin (12/Feb), menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan ekonomi kreatif. Kegiatan yang dilaksanakan di Restoran Lebah Bening, Kelurahan Sinindian ini, dibuka langsung oleh Walikota Kotamobagu dan diikuti lebih dari 200 Ibu Rumah Tangga (IRT) se-Kotamobagu.

Kepala Dinas PPPA, Sitti Rafiqa Bora, mengungkapkan, Bimtek ini dilaksanakan untuk mendorong para IRT untuk lebih kreatif dalam mengelolah usaha. “Para kelompok usaha dibidang produksi kue dan kelompok usaha yang bergerak dibidang daur ulang misalnya, selain mendapat bimbingan dan pelatihan, mereka juga mendapat bantuan peralatan. Jadi kegiatan ini dikhususkan untuk ibu rumah tangga yang menjadi kepala keluarga. Mereka diberdayakan bantuan dan pelatihan,” ungkap Rafiqa.

Lanjut Rafiqa, pihaknya mendatangkan instruktur berpengalaman dan perna mendapat juara di Dekranas tingkat Nasional. “Kami khusus mendatangkan instruktur yang terlatih untuk meningkatkan kreatifitas IRT dan menambah wawasan mereka dalam hal pengembangan usaha,” jelasnya.

Sementara itu, Wali kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara dalam sembutannya mengatakan, perempuan harus mendapatkan kesempatan untuk berkembang apalagi dalam dunia usaha. “Dengan adanya kegiatan ini, maka pendapatan sebuah keluarga dapat meningkat dan dengan begitu kemiskinan dapat terus di tekan,” ucap Tatong.

Wali Kota juga menambahkan, usaha ekonomi produktif yang terus tumbuh, khususnya yang dikelola oleh kaum perempuan menandakan semakin besarnya kepedulian setiap masyarakat untuk meningkatkan derajat kehidupan. “Untuk itu pada Bimtek ini, pelaku usaha kecil bisa memiliki kemampuan dan wawasan dalam mengelola usaha, sehingga hasilnya nanti dapat memberikan manfaat dan meajukan daerah,” terang Walikota (Ino/Esp)

Komentar