Produk UKM di Kotamobagu Menjanjikan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU — Pemerintah Kota Kotamobagu terus mendorong peningkatan usaha kecil dan menengah (UKM), yang dinilai strategis dalam membangun dan menumbuhkan ekonomi di daerah.

Bahkan, Pemkot Kotamobagu terus menyiapkan formula, salah satunya memberikan izin usaha gratis bagi pelaku UKM. “Salah satu formula awal yang kita lakukan yakni memberikan izin gratis kepada pelaku usaha. Dengan begitu mereka ada peluang untuk mengajukan modal di Bank,” kata Walikota Kotamobagu Tatong Bara, beberapa waktu lalu.

Menurutnya berkembangnya usaha mikro, dapat mengembangkan lapangan pekerjaan luas, yang mampu mengikis kemiskinan. “Kami optimistis, peningkatan kontribusi dari sektor UKM, meningkatnya devisa dari sektor ekonomi kreatif juga dapat menjadi motivasi untuk menjadi sektor unggulan di Kotamobagu di masa depan,” paparnya.

Tatong menambahkan, salah satu produk baru UKM di kotamobagu yang diminati masyarakat yakni kacang goyang. Karena itu,lanjutnya, pengembangam UMKM sangat terkait dengan inovasi dan daya dukung ekonomi kreatif. Tanpa upaya meningkatkan kreativitas yang inovatif, peningkatan pertumbuhan UMKM akan terhambat dan kalah bersaing dari produk UKM dari luar daerah. “Karena itu, perlu upaya pengembangan yang terintegrasi,” jelasnya. (Ino)

Komentar