Pemkot Kembali Ukir Prestasi Kota Peduli HAM

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkkot) kembali dinobatkan sebagai sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2016. Penghargaan yang di raih Pemkot ini, merupakan yang ketiga kalinya dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.
Prestasi yang diraih Pemkkot ini didapatkan pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-Dunia ke-69, Minggu (10/11) bertempat di Hotel The Sunan, Surakarta (Solo) Jawa Tengah. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan juga pemberian Piagam penghargaan oleh Menteri Hukum dan Ham Yosana Laoli ini, sebagai penganugerahan Daerah atas kepeduliannya terhadap HAM.
Penerimaan Piagam penghargaan tersebut diterima oleh Asisten Pemerintahan Sekertariat Daerah Kota Kotamobagu, Drs. Nasrun Gilalom yang mewakili Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara. Pada kesempatan itu, Nasrun mengatakan, penghargaan tingkat Nasional untuk Tiga Tahun berturut-turut ini merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah Kota dibawah kepemimpinan Walikota Ir Tatong Bara. “Hal utama, memberikan pelayanan publik dan mendorong peningkatan HAM di Kota Kotamobagu,” kata Nasrun
Dikatakannya, penghargaan yang di raih Pemerintah Kota ini tidak lepas dari beberapa penilaian, diantaranya kepedulian Pemkot atas Hak Keseahatan, Hak Pendidikan, Hak Pekerjaan, Hak Perempuan dan Anak, Hak Perumahan serta Hak atas lingkungan yang berkelanjutan.
“Sub total nilai untuk kelompok HAM adalah 89,86. Sedangkan untuk implementasi aksi HAM nilai 2. Jadi total nilainya mencapai 91,86 ini meningkat signifikan,” jelas Nasrun.
Diketahui, untuk Wilayah Bolmong Raya, selain Kota Kotamobagu. Kabupaten Bolsel juga mendapat kategori yang sama. Sementara Kabupaten Bolmong dan Bolmut mendapat kategori cukup peduli HAM. (ADVETORIAL)

Komentar