Bupati Bolsel Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Pinolosian

BOGANINEWS, BOLSEL – Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1439 Hijriah di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa (12/12) kembali dilaksanakan di Masjid Ataqwa Desa Pinolosian, Kecamatan Pinolosian.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Hi. Herson Mayulu SIP dan dihadiri oleh para Imam, Camat, Sangadi (Kepala Desa), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta masyarakat setempat. Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kegiatan yang bernuansa religius ini sudah menjadi agenda setiap tahun di Bolsel. “Ini sebagai wujud pelestarian nilai budaya kearifan lokal yang religius dan secara turun – temurun,” kata Bupati.
Lanjutnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dilaksanakan dengan dua cara, yaitu secara tradisional melalui zikir di masjid, dipandu oleh para imam dan kelompok zikir. Kemudian secara Nasional yaitu ceramah tanpa zikir. “Seperti pembuatan Walima atau Tolrangka yang di isi oleh berbagai jenis makanan khususnya kue tradisional yang sudah dilaksanakan di Desa Sinandaka,” jelasnya.
Sementara itu, Kabag Humas Setdakab Bolsel, Ahmadi Modeong, mengatakan, makna perayaan Maulid Nabi SAW kali ini lebih meriah dibandingkan sebelumnya, karena dihadiri oleh Bupati dan Kepala OPD. “Pertama kembali menginstropeksi diri, melaksankan apa yang diperintah agama dan menjauhi laranganNya, kedua meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dan ketiga mengikuti jalan Rasululah Nabi Muhamad SAW,” jelasnya. (Holan)

Komentar