Bolsel Ditetapkan Daerah Peduli HAM

BOGANINEWS, BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), kembali mengukir prestasi dengan mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2016.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel The Sunan, Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Sesuai Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor : M.HH-01.HA.02.02 Tahun 2017 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli HAM pada tahun 2016, ditetapkan daerah – daerah di Indonesia yang peduli terhadap HAM, dengan parameter penilaian yaitu hak atas kesehatan (87,75), hak atas pendidikan (94), hak perempuan dan anak (92.5), hak atas kependudukan (88), hak atas pekerjaan (72,5), hak atas perumahan (90,75), dan hak atas lingkungan yang bekelanjutan (74).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan piagam penghargaan diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yosana Laoli. Pada penganugerahan daerah peduli HAM tersebut, Presiden mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Bolsel di bawah pimpinan Hi. Herson Mayulu, S.IP, yang terus peduli terhadap HAM.

Dari 542 daerah otonom, 288 daerah menerima Penghargaan oleh Kemenkumham yang terbagi dalam 2 kategori yaitu Peduli HAM dan Cukup Peduli HAM. Dalam kategori peduli HAM hanya 83 daerah yang menerima penghargaan, selebihnya 206 daerah termasuk dalam kategori cukup peduli HAM. Sementara Kabupaten Bolsel, termasuk dalam 83 daerah peduli HAM tahun 2016.

Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel Arvan Ohy, yang menerima langsung penghargaan tersebut mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM memperingati hari HAM sedunia yang ke-69. Khususnya di Provinsi
Sulawesi Utara terdapat 9 Kabupaten/Kota yang dikategorikan Peduli HAM, dan 2 Kabupaten dikategorikan cukup peduli.

“Di BMR hanya Dua Kabupaten/kota yang mendapat kategori Peduli HAM, yaitu Kabupaten Bolsel dan Kota Kotamobagu. Kemudian menyusul Kabupaten Bolmong dan Bolmut mendapat kategori cukup Peduli HAM,” jelas Plh. Sekda Bolsel. (Holan)

Komentar