2018 Bolmong Pakai ATM Beras

BOGANINEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), terus berinovasi di bidang pertanian.  Bahkan, ditahun 2018 mendatang, Pemkab Bolmong bakal meluncurkan ATM Beras.
Kepala Bidang Ketersediaan dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sofyanto mengatakan, hadirnya ATM Beras diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.
“Mesin ATM beras ini merupakan sebuah upaya dan inovasi untuk menghadirkan beras dengan harga terjangkau bagi masyarakat dan dapat di akses selama 24 jam,” kata Sofyanto Selasa (12/12). Lanjutnya, dengan adanya inovasi baru tersebut, diharapkan dapat memberikan subsidi pangan kepada warga masyarakat yang layak menerima.
“Nanti akan ada kartu pangannya yang akan dibagikan kepada masyarakat. Kartu inilah yang nanti akan digunakan untuk mengambil beras di ATM,” jelasnya. Ditanya soal berapa jumlah beras yang dapat ditampung satu mesin ATM, Sofyanto menerangkan, daya tampung dari mesin ini lebih dari 280 liter. “Kalau tidak salah ada 283 liter untuk 152 kartu pangan. Kalau dihitung harga mesin ATM termasuk relatif dibawah berkisar 30 Juta,” tambahnya.
Dengan hadirnya mesin ATM beras ini dapat mempermudah penyaluran beras pangan di masyarakat. Hal ini dikarenakan masih juga ada warga yang belum mendapatkan beras bantuan dari pemerintah.
“Mesin ATM beras ini juga menghindari adanya penyimpangan-penyimpangan yang selama ini kerap menjadi masalah dalam penyaluran beras bantuan pemerintah. Sebab, beras ini hanya diperuntukan bagi warga yang kurang mampu dan layak menerima, bukan kepada sanak saudara.  Bahkan,  ini juga salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya. (Ino)

Komentar