Wabup Bolsel Buka Tes Potensi dan Kompetensi JPT

BOGANINEWS, BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru SP,t Rabu (15/11) dengan resmi membuka tes potensi dan kompetensi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT).

Tes potensi dan kompetensi JPT tersebut dilaksanakan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang dihadiri tim asesor dr. Deetje J. Solang, Dr. Max Ruwindungan, MPd dan peserta potensi dan kompetensi. Wabup dalam sambutannya mengatakan, JPT merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif dan partisipatif melalui tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan yang diembannya.

“Dalam melaksanakan tugas-tugas, setiap pejabat pimpinan tinggi harus menjamin akubtabilitas sesuai dengan jenjangnya masing-masing,” jelas Kamaru. Dikatakannya, mengingat tugas strategis yang diemban oleh JPT dan akuntabilitas jabatannya, maka pengangkatan dan penempatan seorang pejabat pimpinan tinggi patut mendapat perhatian khusus.

“Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) secara khusus diatur mengenai JPT dan pengisiannya pada instansi pusat dan daerah melalui sebuah mekanisme seleksi yang objektif berbasis sistem merit,” terangnya.

Lanjkutnya, tujuan pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi adalah untuk mendapatkan data dan profil pejabat pimpinan tinggi dan administrator yang diperlukan untuk menyusun talent pool secara nasional guna menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut, serta pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial.

“Diharapkan pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi guna penyusunan talent pool JPT dan administrator dapat memberikan manfaat baik bagi peserta untuk dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya serta manfaat bagi instansi partisipan,” terang Wabup. (Holan)

Komentar