KPUD Temukan Ada Tiga ASN Terdaftar Pengurus Parpol

BOGANINEWS, BOLSEL – Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), hingga kini masih terus melakukan verifikasi dokumen sejumlah partai politik (Parpol) yang terdaftar di lembaga tersebut.

Dari hasil penelitian dokumen, KPUD menemukan ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masuk sebagai pengurus parpol yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota. “Ada tiga orang ASN yang ditemukan sebagai pengurus Parpol. Kami akan lakukan klarifikasi,’ kata Ketua KPU Bolsel Zulkarnain Kamaru.

Menurutnya, klarifikasi tersebut akan dilakukan langsung kepada ASN yang bersangkutan. “Bisa jadi, nama-nama ASN ini hanya dicatut. Usai tahapan ini (penelitian dokumen), akan ada pengumuman hasilnya. Untuk itu, tiga orang ASN ini akan kita klarifikasi langsung untuk mendapatkan jawaban mereka,” jelas Zulkarnain.

Lanjutnya, selain menemukan adanya keanggotaan ASN sebagai pengurus Parpol, KPUD juga menemukan adanya keanggotaan ganda di dokumen Parpol. “Ada keanggotaa ganda eksternal dan internal. Hampir semua partai ada keanggotaan ganda. Ini nantinya akan mereka perbaiki pada tahapan berikut,” terangnya.

Untuk anggota TNI-Polri, ia memastikan tidak ada yang masuk dalam daftar KTA atau e-KTP yang dimasukkan para pengurus Parpol pada tahap pendaftaran, Oktober lalu. “Tidak ada anggota TNI dan Polri kita temukan,” tambahnya (Holan)