Diduga Lecehkan Pakaian Cadar, Oknum Kepala DLH Kotamobagu Dipolisikan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Alex Saranaung, penjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, terpaksa harus berurusan dengan pihak berwenang.

Alex dilaporkan salah satu pegawainya, Yumi Antulaha Kamis (9/11) lantaran diduga telah melakukan pelecehan terhadap pakaian cadar yang dikenakan Yumi.

Menurut pengakuan Yumi dihadapan penyidik Polres Bolmong, pelecehan yang ia alami terjadi pada saat apel sore Rabu (8/11).

“Yumi, kiapa ngana so sama dengan puntianak bagini? (Yumi, kenapa kamu sudah seperti kuntilanak begini?),” tutur Yumi, menirukan kalimat yang dilontarkan Alex. Yumi juga mengaku, pelecehan tersebut tak hanya tak hanya sekali dilakukan Alex.

“Kadis juga bilang ke saya, ‘ngana pe ba pake do’, sama deng puntianak bagini, bekeng kage pa kita. Kiapa ngoni musti pake bagini so (Pakaian kamu seperti kuntilanak, bikin kaget saya. Kenapa pakaian kalian harus begini),” tuturnya lagi.

Sementara itu, Kapolres Bolmong AKBP Gani F Siahaan SIK, saat dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, laporan pelecehan tersebut akan diproses jika ada unsur pidana. “Kita lihat kalau ada pidananya kita akan proses,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, kasus ini jangan sampai dipolitisir, apalagi sampai berbau sara. “Itu oknum, jangan sampai dipolitisir, dimainkan oknum tertentu untuk berbau sara. Jangan dipelintir lagi. Nanti juga ahli bahasa yang akan menentukan. Karena yang dikatakan disitu (laporan) pontianak, sementara pontianak itu nama kota,” jelasnya.

Di sisi lain, Alex sendiri saat dihubungi via whatsapp, mengaku dan meminta maaf atas kekeliruan yang ia lakukan. “Saya sudah minta maaf kepada ibu Yumi dan mohon maaf yang sedalam dalamnya kepada keluarga ibu Yumi, serta umat muslim atas kekhilafan simbol – simbol suci. Dan alhamdulilah sudah dimaafkan,” aku Alex.

Ia pun menjelaskan, jika dirinya hanya merasa kaget atas pakaian yang dipakai Yumi. “Saya kaget kemarin, karena baru kamarin dia pakai cadar, sekali lagi mohon maaf. Atas kekhilafan itu, saya sudah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Kepala Dinas hari ini,” tutur Alex. (tr-01/Ino)

Komentar