Pemkab Bolsel Siap Terapkan Sistem Terbaru Produk BPKP

BOGANINEWS, BOLSEL – Direktur PPKD Wilayah III Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Iskandar Novianto mengungkapkan, Simda perencanaan berbasis teknologi ini adalah produk terbaru BPKP dalam penyusunan perencanaan daerah yang kedepan akan diterapkan di seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia.
Diakuinya, Simda perencanaan berbasis teknologi ini, telah disambut lebih awal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). “Simda perencanaan merupakan terobosan BPKP dalam menjawab kebutuhan pengintegrasian, perencanaan dan penganggaran berbasis teknologi informasi, untuk mengoptimalkan hasil pembangunan daerah dari para penyelenggara daerah melalui e-planning dan e-budgeting,” jelas Iskandar Novianto saat menjadi nara sumber dalam pelaksanaan work shop dan bimbingan teknis Simda perencanaan yang diprakarsai Pemkab Bolsel di Hotel Grand Puri, Manado Kamis (28/9) pekan lalu.
BPKP juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Bolsel yang telah menyambut upaya BPKP ini dalam menciptakan sistem perencanaan berbasis teknologi. “Melalui Pengembangan SIMDA Perencanaan tersebut, diharapkan tercipta transparansi dan objektivitas tata kelola pemerintahan kepada publik demi mewujudkan good governance,” harapnya. “Simda perencanaan sebagai salah satu produk BPKP telah terintegrasi dengan Simda keuangan, yang merupakan sistem pengelolaan keuangan berbasis teknologi informasi yang telah digunakan oleh 371 daerah,” papar Iskandar Novianto.
Sementara itu, Kepala Bappelitbang Bolsel, Lasya Mamonto mengungkapkan, pelaksanaan Workshop dan Bimtek Simda Perencanaan ini sudah diusulkan Pemkab Bolsel kepada BPKP Pusat sejak Februari 2017 lalu. “Setelah mengetahui adanya Simda perencanaan terbaru oleh BPKP, Pemkab Bolsel telah siap menerapkan sistem terbaru produk BPKP itu,” kata Lasya. (Holan)

Komentar