Di Bolsel Akan Dibangun Kantor Pengadilan Agama

BOGANINEWS, BOLSEL – Guna menunjang pendekatan pelayanan terhadap masyarakat, maka pengadilan agama akan membangun kantornya di empat wilayah yang ada Bolaang Mongondow Raya (BMR).
Untuk menindak lanjuti pertemuan sebelumnya, Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara menetapkan 2018 pembangunan mulai berjalan. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dinilai paling siap untuk pembangunan kantor pengadilan agama.
Pertemuan dengan Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu SIP, dengan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dr H M. Jamil Ibrahim yang didampingi oleh tim dari Pengadilan Tinggi Agama di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Selasa (10/10) telah menyepakati kerja sama pembangunan tersebut.
Sebagaimana dikatakan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulut usai pertemuan, kepada sejumlah awak media, bahwa Kabupaten Bolsel sangat mendukung pembangunan Kantor Pengadilan Agama. “Ini adalah bagian dari pelayanan kepada masyarakat yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Pengadilan Agama. Di Bolaang Mongondow Raya, ada Empat daerah yang rencana kita akan bangun. Di Bolsel sendiri, sudah ada titik terang dan direstui langsung oleh Bupati, disertai dengan kesiapan lahannya,” terang Ketua Pengadilan Tinggi.
Lanjutnya, Kabupaten Bolsel sejak dua tahun sebelumnya sudah ada informasi terlebih dahulu. “Sebelum saya menjabat di Sulawesi Utara, ini sudah dibicarakan dua tahun yang lalu bersama dengan pak Bupati. Tinggal kita lakukan penguatan komunikasi kembali. Alhamdulillah apa yang sudah kita rencanakan mendapat tanggapan yang baik dari Pemerintah kabupaten Bolsel,” terangnya.
Ditambahkannya, pihaknya sebatas menganggarkan pembangunan gedung saja. “Untuk lahan, hibah langsung dari Pemerintah Kabupaten setempat. Kabupaten Bolsel sudah menyetujuinya dan pertama dari beberapa daerah lainnya,” akunya.
Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu SIP, dalam pertemuan tersebut yang juga didampingi oleh ulama Muslim Sulut Habib Muhsin Bilfagih menuturkan, Pemkab Bolsel sudah siap dengan lahan pembangunan pengadilan agama. “Lahannya sudah kita siapkan. Saya pastikan tidak masuk-masuk lorong melainkan didepan jalan trans biar semua bisa melihat bahwa ini adalah Kantor Pengadilan Agama,” kata Bupati.
Bahkan, sementara waktu, sebelum pembangunan dilaksanakan, Pemkab Bolsel juga sudah menyediakan gedung kantor pengadilan sementara. “Kita juga sudah menyiapkan kantor pengadilan yang bisa digunakan sementara, sambil menunggu pembangunannnya selesai. Jadi ada gedung yang sudah kami siapkan untuk kantor sementara,” jelas Bupati. (Holan)

Komentar