Bupati Bolsel Jadi Penceramah Pengukuhan IDMI Sulut

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Herson Mayulu (H2M), yang menjabat Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulut, di daulat menjadi penceramah pada pengukuhan Pengurus Wilayah Ikatan Dai Muda Indonesia (IDMI) Sulut.
Selain pengukuhan pengurus wilayah IDMI Sulut, juga dirangkaikan dengan Tabligh akbar dengan tema ‘Peran Pemuda Islam Dalam Menjaga Kebinekaan dan Membangun Karakter Bangsa yang Beradab’. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Ahmad Yani, Komo Dalam, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Selasa (17/10) malam.
Dalam SK Nomor 027.PP.IDMI/X/2017 tentang susunan personalia Pengurus Wilayah IDMI Sulut masa amanah 2017-2020, H2M didaulat sebagai Dewan Pelindung bersama Kepala Kemenag Sulut DR Abdul Rasyid Gandon dan Rektor IAIN Manado Rukmina Gonibala. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten II Setprov Muhammad Rudi Mokoginta yang mewakili Gubernur Sulut, para ustad dan ustadza Sulut dan Jakarta serta para mahasiswa.
Dalam ceramahnya, H2M mengajak IDMI Sulut untuk menjalankan peran organisasi dengan baik. “Ayo turun ke desa, bina umat, ciptakan dai – dai di desa,” kata H2M. Ia juga meminta, agar umat muslim tetap bersatu, jangan sampai terpecah belah. “Berpegang tegulah kepada tali agama Allah dan jangan bercerai berai,” kata H2M mengutip Firman Allah. H2M juga meminta agar IDMI mampu menjadi solusi terhadap pergeseran moral dan sosial di tanah air.
Sementara itu, asisten II Setprov Muhammad Rudi Mokoginta saat menyampaikan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap, IDMI Sulut dapat memberikan pencerahan positif kepada para jamaah muslim. “Saya juga berharap IDMI senantiasa mendukung implementasi program kebijakan Pemprov Sulut dalam mensejahterakan masyarakat,” kata Rudi.
Syarifudin Liwang selaku pengurus pusat IDMI juga meminta, IDMI Sulut yang telah dikukuhkan agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. “Pengurus IDMI Sulut, harus bisa bersinergi dengan pemerintah, sehingga bisa memberikan kontrubusi kepada umat,” pintanya.
Pada kesempatan tersebut, Syarifudin atas nama IDMI juga mendoakan H2M yang berulang tahun ke-58 pada Selasa (17/10). Sekadar diketahui, IDMI Sulut yang telah dikukuhkan diketuai oleh Supriadi Haribae. Acara itu juga dihadiri oleh Ustadza Nasional, Widia Octavia.
Dalam ceramahnya, Utadzah keturunan Aceh-Sunda ini mengaku kagum dengan sosok H2M sebagai pemimpin yang istiqomah melakukan syiar Islam. “Jujur, saya ngefans dengan pak Bupati Bolsel. Beliau pemimpin dan politisi sekaligus dai yang luar biasa,” pujinya. (Holan)