Bolsel Dibidik Daerah di Sulut Terkait Simda Perencanaan

BOGANINEWS, BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), saat ini mulai di bidik daerah lainnya di Sulut, terkait Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Perencanaan berbasis teknologi. Diketahui, Workshop dan bimbingan teknis Simda Perencanaan yang dirintis oleh Pemkab Bolsel, adalah yang pertama kali dilaksanakan di kabupaten/kota dan Provinsi di wilayah Indonesia Timur.

Simda Perencanaan dengan menerapkan aplikasi komputerisasi ini, merupakan salah satu produk baru BPKP-RI yang saat ini tengah disosialisasikan ke daerah. Namun, Bolsel sigap dengan merespon lebih awal, karena Simda Perencanaan masih tergolong baru dan bakal diterapkan oleh pemerintah di kabupaten/kota dan provinsi mulai 2018 mendatang.

Sehingga Bolsel secara tidak langsung, menjadi sasaran kabupaten/kota yang ada di Sulut yang dijadikan daerah rujukan. “Ini atas permintaan oleh BPKP pusat, agar Pemkab Bolsel dapat membantu BPKP dalam mensosialisasikan Simda Perencanaan. Sebab, Bolsel daerah yang pertama melaksanakan wokrshop dan bimtek Simda Perencanaan,” terang Kepala Bappelitbang Bolsel Lasya Mamonto.

Buktinya, baru sehari pasca workshop dan bimtek ini tuntas, Bolsel mulai kebanjiran permintaan dari pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sulut. “Bappelitbang kabupaten/kota di Sulut meminta kepada Pemda Bolsel agar bersedia mentransformasikan hasil-hasil wokrshop dan bimtek Simda Perencanaan tersebut,” kata Lasya.

Sementara itu, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappelitbang Bolsel, Winchy Mokorimba membenarkan rencana kedatangan sejumlah daerah ke Bolsel. “Memang sudah ada beberapa daerah di Sulut yang berniat akan melakukan konsultasi atau studi banding mengenai Simda Perencanaan di Bolsel. Kami membuka pintu untuk itu,” kata Winchy.

Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu SIP, memberikan apresiasi kepada aparaturnya, khususnya tim Bappelitbang yang dengan cepat merespon dan menindaklanjuti Simda Perencanaan dari BPKP ini. “Bolsel masih daerah yang baru dan mulai mempelajari serta berupaya membangun pemerintahan yang baik dan bersih. Ini yang selalu saya tekankan kepada seluruh pelaksana instansi pemerintah mulai tingkat kabupaten hingga di desa untuk meningkatkan kinerja mereka sebaik-baiknya. Alhamdulillah, Bolsel tidak bisa lagi dipandang sebelah mata,” kata Bupati dua periode ini. (Holan)

Komentar