51 Siswa di Bolsel Ikut Seleksi Bakal Calon Polisi

BOGANINEWS, BOLSEL – Seleksi awal bakal calon anggota Polri di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mulai digelar. Sebanyak 51 siswa SMA dan SMK, Rabu (25/10) mengikuti seleksi yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Bolsel.

Menurut Ipda M. Tukidjo sebagai panitia seleksi, dari 51 siswa, Enam diantaranya langsung diputuskan tidak memenuhi syarat karena tinggi badan kurang dari persyaratan. “Tinggi badan di bawah 160 centimeter tidak memenuhi syarat. Sehingga tidak bisa lanjut ke tahapan seleksi awal berikut,” jelas Tukidjo.

Pada seleksi awal ini, para peserta yang merupakan siswa kelas III SMA dan SMK mengikuti pengukuran tinggi dan berat badan, tes kesehatan mata, serta seleksi administrasi. “Ada juga yang penglihatannya kurang bagus serta buta warna, maka langsung gugur,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Urban Bolaang Uki Kompol Baharudin Samin menjelaskan, seleksi awal ini merupakan kerjasama Polres Bolmong dan Pemkab Bolsel. Dimana, Polres membuat program untuk lebih mempermuda putra – putri daerah yang berkeinginan mengikuti seleksi calon anggota Polri. “Peserta yang lulus tes awal ini akan digembleng dengan pelatihan baik psikotes, akademi dan olahraga. Kita hadirkan pihak – pihak berkompeten untuk melatih mereka dan pembiayaan program ini dari Pemkab,” papar Kapolsek Urban.

Lanjutnya, dengan adanya tes awal dan pelatihan yang akan dilakukan nanti, akan membuat para peserta menjadi terlatih dengan berbagai tahapan tes ketika mengikuti seleksi calon Polri. Sekadar diketahui, 51 siswa yang mengikuti tes awal bakal calon Polri ini, 16 siswa berasal dari SMA Molibagu, 24 siswa SMK Salongo, 9 siswa dari Kecamatan Pinolosian dan 2 siswa dari Kecamatan Posigadan. Seleksi awal bakal calon anggota Polri ini, juga melibatkan tim dokter. (Holan)

Komentar