Pemkab Bolsel Hadiri Rakornas Data Terpadu 2017

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Herson Mayulu SIP, diwakili Wakil Bupati (Wabup) Iskandar Kamaru SPt, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakornas) Data Terpadu tahun 2017 yang dilaksanakan Kementerian Sosial (Kemensos) RI Senin (11/9) di hotel Merrcure Ancol Jakarta.

Rakornas yang dilaksanakan setiap tahun ini, merupakan agenda rutin Kemensos RI. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, yang dihadiri para Gubernur, Bupati/Walikota, Bapeda dan Dinas Sosial se-Indonesia. Juga turut dihadiri Sekjen Kemensos, dari BPJS serta para pejabat kementerian lainnya.

Mensos dalam penyampaiannya mengatakan, bahwa program penanggulangan kemiskinan merupakan prioritas pemerintahan saat ini. “Tidak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh negara. Sehingga dalam upaya pengentasan kemiskinan yang terarah dan tepat sasaran, sangat penting dilakukan rakornas ini,” kata Khofifah.

Mensos juga berharap, dengan kehadiran seluruh kepala daerah saat ini, dapat membantu bersinergi dengan terus pro aktif dalam penyempurnaan data kemiskinan. “Saya berharap, untuk Bupati dan Walikota, dapat memperkuat Dinas Sosial di daerahnya,” pinta Mensos.

Wabup Bolsel sendiri mengatakan, bahwa kegiatan Rakornas ini sangat penting bagi daerah. Karena bicara tentang data miskin, setiap daerah berbeda permasalahan. Beberapa hal penting yang dapat diperoleh pada rakornas ini antara lain; sharing informasi terkait dengan mekanisme falidasi data dan regulasi termasuk mekanisme pemutahiran data.

“Untuk pemutahiran, memang Kemensos telah memprogramkan dua kali dalam setahun kesempatan untuk memasukan laporan atas perubahan data miskin sesuai dengan perkembangan,” jelas Wabup. Sehingga kata Wabup, dibutuhkan sinergitas antara Pemda dengan pemerintah Provinsi maupun pusat, termasuk membangun persamaan persepsi.

“Ada banyak informasi terkait dengan pengembangan aplikasi informasi dalam mewujudkan data terpadu yang akan menjadi dasar dalam pelaksanaan program. Termasuk meningkatkan peran aktif dari Pemda itu sendiri,” terang Wabup. (Holan)

Komentar