Pemkab Bolsel Akan Bangun Jaringan Fiber Optik

BOGANINEWS, BOLSEL – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), mulai merencanakan pembangunan jaringan Fiber Optik (FO) dan Command Centre (CC).

Menurut Kepala Dinas Kominfo Bolsel Aldy Setiawan Gobel, tujuan pembangunan FO dan CC ini untuk meningkatkan pengawasan dalam satu ruangan, kemudian akan terintegrasi dengan seluruh data yang ada di Bolsel. “Aplikasi ini akan dikelola Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam satu ruangan,” jelas Aldy Senin (25/9).

Lanjutnya, untuk pelaksanaan fisik tahap pertama, nanti akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Nantinya kata Aldy, akan ada pengelola informatika dengan mengunakan tenaga out sourching sebanyak enam orang. “Ada beberapa keunggulan menggunakan FO dan CC. Diantaranya pengawasan penggunaan absen fingerprint lebih maksimal, pengamatan masalah kedaruratan melalui CCTV dan sebagainya,” terangnya.

Dicontohkannya, jika ada saluran irigasi tersumbat, maka langsung bisa terpantau. Setelah itu pengelola FO dan CC bisa menghubungi pihak terkait untuk dicarikan solusinya. “Jadi kita tidak perlu turun inspeksi mendadak (sidak). Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) tinggal diawasi lewat Commad Centre,” kata Aldy.

Ditambahkannya, keuntungan jaringan FO bisa digunakan meski dalam kondisi off line. Sehingga pengawasan bisa dilakukan kapan saja dalam segala kondisi. “Aplikasi ini sangat penting dan banyak manfaatnya,” tambahnya. (Holan)

Komentar