Pasca Bencana Dinkes Bolsel Optimalkan Pelayanan Kesehatan

BOGANINEWS, BOLSEL – Pasca bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Dinas Kesehatan Bolsel, saat ini terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang tertimpa bencana.

Sebelumnya Dinkes sudah turun di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng) yang dipusatkan di Desa Mataindo untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis. Begitu juga di Kecamatan Posigadan, Dinkes juga sudah turun melakukan pelayanan kesehatan. Saat ini Dinkes akan kembali turun di Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim) di Desa Onggunoi untuk pelayanan yang sama.

Menurut Kepala Dinkes Bolsel, dr Sadli Mokodongan, saat ini pihaknya masih menunggu stok obat-obatan. “Rencananya tim akan turun pekan ini, tapi kita masih menunggu ketersediaan obat-obatan yang masih dalam proses pengiriman,” jelas Sadli Selasa (5/9) kemarin.

Lanjutnya, pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan, sesuai instruksi Bupati Wakil Bupati. Untuk pelayanan akan disiapkan obat kulit dan diare. “Selain melakukan pelayanan kesehatan kita juga akan mensosialisasikan penyakit bencana agar masyarakat lebih menjaga kesehatan lingkungan untuk mengantisipasi datangnya penyakit,” terang Sadli.

Dikatakannya, tim yang akan turun yaitu tenaga medis dari Dinas Kesehatan dibantu tim dari Puskesmas Onggunoi. “Dokter juga kita ambil dari Puskesmas Onggunoi dan Dumagin. Intinya jika stok obat sudah ada, kita akan segera turun ke lapangan melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tertimpa musibah bencana,” terangnya. (Holan)

Komentar