Bupati Bolsel Sampaikan Hikmah Aqiqah di Bolmut

BOGANINEWS, BOLMUT – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi.Herson Mayulu SIP, Minggu (3/9/) menghadiri undangan dari Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh, untuk Aqiqah cucunya.

Pada acara Aqiqah tersebut, Bupati Bolsel memberikan ceramah tentang Hikmah Aqiqah. Dalam ceramahnya, Bupati Bolsel menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Hikmah Aqiqah. “Aqiqah berasal dari kata Aqoh yang artinya memotong. Yang dimaksud memotong adalah menghilangkan sifat kebinatangan pada seorang anak melalui qurban pada hewan,” kata Bupati.

Lanjutnya, Aqiqah adalah Syariat Islam sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa, setiap anak yang dilahirkan itu tergadaikan. Maka untuk menebusnya, orang tua memiliki kewajiban sebagaimana kewajiban orang tua kepada anak. “Mengaqiqahkan anak laki-laki dengan cara di khitan dengan berqurban dua ekor kambing dan wanita di bhaiat dengan mengqurbankan satu ekor kambing. Aqiqah dengan cara berqurban ini memiliki makna bahwa dengan memotong hewan qurban, maka diharapkan sifat kebinatangan seorang anak akan hilang,” terang Bupati.

Dijelaskannya, Aqiqah bisa terselenggara dalam pasangan suami isteri yang sah. “Aqiqah juga adalah untuk memberitahukan atau memproklamirkan kepada keluarga dan masyarakat, bahwa sepasang suami isteri telah dikaruniai anak oleh Allah SWT, serta sebagai wujud rasa syukur atas anugerah kehidupan keluarga yang diberikan Allah kepada sepasang suami isteri dalam bahterah rumah tangga,” jelasnya.

Bupati Bolsel juga mengajak seluruh umat Muslim untuk mendoakan jamaah haji Indonesia yang sedang menjalankan ibadah haji agar dapat pulang ke indonesia dalam keadaan sehat walafiat dan menjadi haji yang Mabrur.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmut Asripan Nani dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolsel yang telah meluangkan waktu dan berkenan hadir sekaligus memberikan ceramah pada pelaksanaan Aqiqah cucu ketiga Bupati Bolmut.

“Atas nama Bupati dan keluarga Shahibbul Ba’ait, kami mengucapan terima kasih kepada pak Bupati Bolsel yang merupakan tokoh sekaligus figur Bolmong Raya yang juga Da’i di Sulawesi Utara. Pak Hi.Herson Mayulu, bukan hanya kader Bolsel, melainkan kader Bolmong Raya dan Sulut yang sudah dikenal dekat oleh seluruh lapisan masyarakat,” papar Asripan, mewakili Bupati Bolmut. (Holan)

Komentar