Warga Langi Demo Soal ADD dan Dandes

BOGANINEWS, BOLMUT – Puluhan masyarakat Desa Langi, Kecamatan Bolangitang Barat, menggelar aksi demo di kantor Desa Langi. Demo tersebut menuntut pengelolaan keuangan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (Dandes) agar transparan.
Koodinator Lapangan (Korlap) Yon Ponamon, saat diwawancarai menjelaskan, aksi mereka itu meminta kejelasan penggunaan ADD dan Dandes tahun 2017. Juga pengelolaan dana BUMDes dan kejelasan dana pemuda yang selama ini tidak ada kejelasan.
“Sebagai masyarakat kami memiliki hak untuk mengetahui seperti apa pengelolaan dana tersebut. Begitu juga dengan pemerintah desa harus transparan,” kata Ponamon. Lanjutnya, sebelum menggelar aksi, terlebih dahulu mereka menyampaikan sejumlah tuntutan kepada Sangadi (kepala desa) dan BPD. Namun tuntutan mereka tersebut, tidak di gubris oleh pemerintah desa. “Makanya kami melakukan aksi demo,” akunya.
Di sisi lain, Sangadi Langi Mochtar Masuara saat dimintai tanggapannya menjelaskan, pemerintah desa sudah melakukan mekanisme pengelolaan keuangan secara terbuka dan transparan. “Pemerintah Desa selalu menyampaikan setiap kebijakan dalam rapat-rapat desa, bahkan sudah memasang baliho di tiga titik. Itu semua tujuannya demi keterbukaan informasi kepada masyarakat atas pengelolaan anggaran yang ada di desa,” terang Sangadi Langi.
Sementara itu, kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Bolmut, Fadli Usup saat berada di lokasi demo mengatakan, pihaknya sudah memfasilitasi antara masyarakat dan pemerintah desa. “Ada beberapa tuntutan dari warga Langi terhadap pemerintah desa. Dan tuntutan tersebut sudah kami klarifikasi dan akan segera ditindaklanjuti,” jelas Fadli. (WaOne)

Komentar