Ribuan Ton Semen Tonasa Masuk Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Sebanyak 1.650 ton atau 33.400 sak semen Tonasa, masuk pelabuhan Torosik. Semen Tonasa dari Makasar yang diangkut dengan menggunakan Kapal Tonasa KM Kelapa Dua, merapat ke pelabuhan Torosik pada Selasa (11/07).

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Bolsel, Iskandar Kamaru SPt, masuknya semen Tonasa di pelabuhan Torosik, merupakan kerja sama Pemerintah Daerah (Pemda) dengan pihak perusahaan. “Dengan masuknya semen Tonasa di Bolsel, maka masyarakat tidak perlu lagi mencari semen di Lolak atau di Bitung, karena di Bolsel sudah ada semen,” jelas Wabup.

Lanjut Wabup, untuk penampungan sementara gudang pelabuhan masih mampu menampung. “Tapi Pemda tetap akan mengupayakan penambahan gudang,” kata Kamaru. Dikatakannya, masuknya semen Tonasa di Bolsel, akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, serta penyerapan tenaga kerja. “Tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menurunkan barang sebanyak 30 orang buruh. Selain itu, ada juga buruh gudang dari para penampung,” terang Wabup.

Namun katanya, untuk penampungan sementara, masih ditangani Syah Bandar, karena penampung masih dalam proses pengurusan izin. “Jika izinnya sudah keluar, baru langsung ditangani penampung,” kata Wabup.

Sementara itu, Camat Pinolosian Tengah (Pinteng) Daanan Mokodompit mengatakan, untuk gudang penampungan dibutuhkan lahan sekitar 2 hektar. “Lokasinya juga di dekat pelabuhan. Saat ini kita masih dalam proses negosiasi dengan para pemilik lahan,” aku Daanan. (Olan)

Komentar