Nelayan Bolsel Diasuransikan

BOGANINEWS, BOLSEL – Sebanyak 1000 nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), akan diasuransikan. Menurut Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bolsel, Sugeng Purwono, pihaknya menargetkan 1000 nelayan akan dijamin asuransi.
“Saat ini sudah sekitar 900-an nelayan yang mendapat asuransi,” kata Sugeng, belum lama ini. Dikatakannya, asuransi tersebut merupakan program dari Kementerian Kelautan. Bagi nelayan yang memiliki kartu asuransi dengan mudah mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan akan melindungi nelayan saat ada operasi Polisi Air dan Udara (Polairud).
“Untuk sisa asuransi nanti akan didaftarkan kembali. Preminya dibayar oleh pemerintah pusat,” jelasnya. Lanjutnya, jumlah nelayan di Bolsel sekitar 2.300 orang, dan semuanya akan diupayakan bisa mendapat asuransi.
Sementara itu, sejumlah nelayan di Bolsel berharap, agar mereka bisa segera memiliki kartu nelayan yang sudah diasuransikan. “Kami kesulitan mendapatkan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) karena harus memiliki surat izin dari dinas terkait. Sementara, kalau hari libur dinas terkait tutup, jadi tidak bisa mengurus izin. Tapi dengan kartu tersebut setiap hari kami bisa mendapatkan BBM,” terang Ipriono warga Pinolosian Tengah. (HBO)

Komentar