Makanan Khas Bolmong Dikemas Dalam Film Dokumenter

BOGANINEWS, BOLMONG – Dinas Pariwisata Bolaang Mongondow  (Bolmong) bersama Balai Pelestarian Budaya Nasional (BPBN) Manado, beberapa waktu lalu telah membuat Lima film dokumenter makanan khas Bolmong.
Melalui film dokumenter ini, makanan khas tersebut dipromosikan agar makanan khas Bolmong bisa dikenal sampai ditingkat Nasional. Menurut Kepala Dinas (Kadis) Pariwista Bolmong, Ulfa Paputungan, pembuatan film dokumenter itu sudah dilakukan. “Pembuatan film dokumenter ini dilaksanakan dalam sehari oleh balai pelestarian nasional Manado,” jelasnya.
Dikatakannya, ada beberapa makanan yang diambil untuk menjadi objek dalam film dokumenter tersebut. “Makanan yang diambil ada Lima, yakni Sinandoi, Sayur Yondog, Sinambedak, Ginolagak dan Balukut,” ungkapnya. Ulfa juga menambahkan, selain makanan khas bolmong, pihaknya juga berencana akan membuat film dokumenter tentang pengobatan tradisional yang ada di Bolmong.
“Saat ini baru di wilayah Lolayan yang kami temukan tempat berobat tradisional seperti Monibi. Untuk wilayah Passi nanti akan kami koordinasikan dengan pemerhati budaya Bolmong Hairun Mokoginta,” jelasnya.
Lanjut Ulfa, pengobatan tradisional Monibi ini adalah pengobatan yang bersifat gaib dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan spiritual. “Orang yang mengobati akan melakukan pengobatan dalam keadaan kerasukan,” tambahnya. (Ril)

Komentar