Desa Perjuangan Jadi Pilot Project Penanggulangan Kemiskinan Nasional

BOGANINEWS, BOLSEL– Salah satu desa di wilayah paling timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yakni Desa Perjuangan Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), menjadi salah satu desa percontohan nasional untuk penanggulangan kemiskinan.
Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw, saat menghadiri peryaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolsel ke-9, pada Jumat (21/07) lalu. Menurut Wagub, Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di Desa Perjuangan, sudah menjadi contoh Nasional.
“Menteri Pekerjaan Umum (PU), Sosial, dan Kesehatan, semua pakai model ini,” terangnya. Melalui program ODSK kata Wagub, bantuan dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi yang diteruskan ke kabupaten dinilai benar -benar tepat sasaran. Sebab seluruh bantuan dipusatkan pada satu objek. “Jadi apa di capai Bolsel, telah menjadi contoh secara nasional, dan diterapkan di seluruh Indonesia,” jelas Steven.
Lanjutnya, ke depan program tersebut akan dicanangkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di 15 Kabupaten dan Kota. “Ditargetkan setiap tahun ada 1.500 rumah,” akunya.
Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP mengatakan, pembangunan di Bolsel berjalan sesuai kaidah dan sistemnya ‘on the track‘. Pemda akan memfokuskan pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) untuk pemberdayaan masyarakat guna peningkatan ekonomi kerakyatan dan mengurangi angka kemiskinan.
“Apa yang menjadi kekurangan akan segera diperbaiki. Tapi semua itu tidak lepas dari dukungan pemerintah provinsi,” jelasnya. (Olan)

Komentar