Bupati Bolmong Lantik Tujuh Sangadi

BOGANINEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu (26/7) sekira pukul 10.35 WITA, melantik Tujuh Sangadi (kepala desa) di ruang rapat asisten III yang berada kantor Bupati Bolmong.
Selain tujuh Sangadi yang telah dilantik dan di ambil sumpah jabatan, Bupati juga memberhentikan dengan hormat tujuh Sangadi, karena telah berakhir masa jabatannya. ”Sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, telah mengamanatkan kepala desa diberhentikan karena masa jabatannya berakhir. Dan untuk mengisi kekosongan kepala pemerintah di desa, harus dilaksanakan penggantian Sangadi dengan mengangkat penjabat Sangadi yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui keputusan Bupati Bolmong,” terang Yasti.
Bupati juga menyampaikan, dalam menjalankan kepemimpinan di desa, penjabat Sangadi dituntut untuk lebih visioner, Kreatif dan Inovatif serta Sangadi juga dituntut untuk mampu menggali dan mengolah potensi sumber daya alam, sumber daya manusia di desa yang dipimpinnya.
Berkaitan dengan penyelenggaraan urusan tersebut, Bupati juga menekankan sekaligus menjadi perhatian yang harus dilaksanakan oleh penjabat Sangadi beberapa poin diantaranya, bekerja dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.
Sangadi juga harus mampu membangun kemitraan dengan BPD dan perangkat desa, serta seluruh komponen masyarakat, agar proses pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik. “Tumbuh kembangkan terus partisipasi dan peran aktif masyarakat di desa, karena salah satu ukuran keberhasilan pembangunan adalah meningkatnya partisipasi dan swadaya masyarakat dari waktu ke waktu,” terang Bupati.
Lanjutnya, dalam rangka pengolaan dana desa untuk tahun 2017 ini, diharapkan aparat desa dapat mengelola dan menggunakan dana tersebut sesuai peruntukan. “Dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pertanggungjawaban secara fisik dan administrasi, agar dana desa yang ada benar-benar tepat sasaran dan sesuai peruntukannya,” jelas Yasti. (Ril)
Sangadi Baru Dilantik
1. Irwanto mokoginta SP (Sangadi Bilalang lll Utara, Kecamatan Bilalang)
2. Asrup Papene S.Sos (Sangadi Bonawang, Kecamatan Dumaga Tenggara)
3. Simon Daud (Sangadi Pasir Putih Kecamatan Sangtobolang)
4. Ketut Kolak S.Soa M.Kes (Sangadi Mopugad Selatan, Kecamatan Dumoga Utara)
5. Mithawati usup S.E (Sangadi Toruakat, Kecamatan Dumoga)
6. Allow A. Wiliam SIP (Sangadi Dulangon, Kecamatan Lolak)
7. Hermoni Manggopa (Sangadi Dumoga, Kecamatan Dumoga Timur)
Sangadi Yang Sudah Berakhir Masa Jabatan
1. Desy Marlinaoro (Sangadi Bilalang lll Utara, Kecamatan Bilalang)
2. Feky Pasi (Sangadi Bonawang, Kecamatan Dumoga Tenggara)
3. Ahmat Nawawi (Sangadi Pasir Putih, Kecapatan Sangtobolang)
4. Imade Marta (Sangadi Mopugad Selatan, Kecamatan Dumoga Utara)
5. Bahdar Lasabuda (Sangadi Toruakat, Kecamatan Dumoga)
6. Yohana Tuolambu (Sangadi Dulangon, Kecamatan Lolak)
7. Ramli J Manggopa S.E (Sangadi Dumoga, Kecamatan Dumuga Timur)

Komentar