Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah Diseriusi Pemkab Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mulai seriusi pertumbuhan ekonomi masyarakat lewat industri kecil dan menengah. Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai upaya terus dilakukan Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, lewat tindak lanjut pertemuan dengan pihak Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Seperti disampaikan Kabag Humas Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong, bahwa belum lama ini Bupati telah mempresentasikan berbagai potensi yang ada di Bolsel di Kementerian Perindusterian. “Pak Bupati sudah mempresentasikan di kementerian,” kata Ahmadi.
Lanjutnya, Bolsel merupakan daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki komitmen kuat untuk mendorong pertumbuhan usaha – usaha berbasis kemasyarakatan. “Satu diantaranya adalah pembangunan pasar tradisional,” kata Ahmadi.
Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Mulyono Rochim mengatakan, persentase yang dilakukan sebagai upaya untuk memajukan industri dan usaha kecil masyarakat. “Kementerian meminta daerah untuk mempresentasikan usaha tersebut, sebagaimana penilaian mereka kepada kita,” Mulyono.
Lanjutnya, persentase yang dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh penghargaan Upakarti dari Kementerian Perindustrian. “Itu adalah penghargaan tertinggi dibidang industri,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati kepada pihak Kementerian mengatakan, saat ini Bolsel tengah mengembangkan usaha kemasyarakatan. Melalui pemberdayaan masyarakat lewat program Dana Desa. Kemudian pengelolaannya sebagian besar dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di masing – masing desa.
“Jadi Pemerintah berkomitmen untuk membantu usaha industri kecil dan menengah yang tengah dikembangkan oleh daerah,” terang Bupati. (HBO)

Komentar