Pemuda Tolondadu 1 Pasang 1438 Lampu Botol

BOGANINEWS, BOLSEL – Dalam menyambut ‘Tumbilotohe’ atau malam Lailatul Qadar, pemuda Desa Tolondadu 1 dan Persatuan Pelajar Mahasiswa Tolondadu Bersatu (P2MTB) telah memasang 1438 lampu botol sesuai tahun Hijriyah.
Pemasangan lampu Empat malam terakhir sebelum lebaran Idul Fitri ini, sudah menjadi tradisi masyarakat di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel). Menurut Ketua Panitia Alan Pulumai, budaya pasang lampu ini selain sudah menjadi tradisi, juga merupakan hiburan bagi masyarakat.
“Setiap tahun kita melakukan kegiatan yang sama. Tradisi ini jauh sebelumnya sudah di nanti-nanti masyarakat. Bahkan, para penginjung pun mengabadikan diri dengan foto-foto selfie di lokasi pemasangan lampu,” jelas Alan.
Tradisi pasang lampu di Bolsel, setiap tahunnya dilombakan. Untuk Desa Tolondadu 1 selalu masuk dominasi terbaik. Bahkan ketua tim penilai kabupaten Ruslan Pulumuduyo merasa takjub dengan kreasi unik pasang lampu di desa tersebut. “Setiap desa menampilkan kreasi lampunya. Untuk Desa Tolondo 1 mereka cukup kreatif menata lampu-lampunya,” ucap Ruslan. (HBO)