Pemkot Kotamobagu Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) Kamis (01/06) pagi tadi, menggelar upacara peringati hari lahir Pancasila yang dilaksanakan di lapangan Hotinimbang Kotamobagu.
Dandim 1303 saat membacakan pidato
Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2017 ini, dipimpin Kepala Distrik Militer (Dandim) Bolmong, Letkol Sampang Sihotang. Dandim dalam membacakan pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, mengatakan, pentingnya persatuan dalam mencegah upaya-upaya intoleran berupa pandangan dan tindakan mengusung ideologi lain selain Pancasila.
Walikota Tatong Bara bersama unsur Forkopimda
“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah-masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini dengan Pancasila. Indonesia adalah rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, yang adil, yang makmur ditengah kemajemukan dunia,” jelas Sihotang.
Sementara itu, Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara, usai menghadiri upacara peringatan hari lahirnya Pancasila mengatakan, melalui momentum ini, kita bangkitkan kesadaran sebagai anak bangsa untuk bertindak dan bersikap sesuai rumusan Pancasila. “Mari kita semua kembali menghayati, memahami, menjaga, serta mengamalkan nilai-nilai ke 5 Sila yang tercatum pada Pancasila,” kata Walikota.
Upacara penaikan bendera Merah Putih
Lanjutnya, kesadaran ini harus kita bangun, agar kita semua terhindar dari segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. “Pengamalan Pancasila dalam berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, harus terus ditingkatkan,” terang Tatong.
Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’. Pada peringatan hari lahir Pancasila di Kotamobagu, turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Wakapolres Bolmong, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Pimpinan SKPD, Sangadi/Lurah, serta jajaran ASN di lingkungan pemkot. (Advetorial)

Komentar