Jalan Trans Sulawesi Lingkar Selatan Memprihatinkan

BOGANINEWS, BOLSEL – Kondisi jalan Trans Sulawesi yang berada di lingkar selatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), cukup memprihatinkan. Padahal jalur tersebut belum lama ini baru dikerjakan, tapi kini kondisi jalan sudah rusak kembali.
Hal ini perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov). Jalan yang menghubungkan Provinsi Sulut dan Gorontalo ini, dipenuhi lubang-lubang besar yang mengangah di sepanjang jalan. Bahkan tidak sedikit kendaraan yang melintasi di jalur tersebut mengalami kecelakaan, karena kondisi jalan yang sudah tidak layak lagi.
“Jalan ini sudah lama rusak dan terkesan dibiarkan begitu saja. Kalau pun sempat diperbaiki, pasti tidak bertahan lama aspal sudah terbongkar lagi. Malah kondisinya akan lebih parah,” aku Rusmin warga setempat.
Sementara itu, pekerjaan aspal Hotmix di Desa Botuliodu, Kecamatan Tomini, terkesan hanya dikerjakan asal jadi. Aspal hotmix ini mudah hancur karena tidak padat. Aspalnya langsung remuk meski hanya dilintasi mobil avanza. Di pinggiran aspal juga tidak ada pengerasan, jadi aspal mudah hancur.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bolsel Teddy Manika, saat dimintai tanggapannya menjelaskan, jauh hari sebelumnya, pihaknya telah melaporkan hal ini kepada instansi teknis di Provinsi. “Kita tidak bisa melakukan tindakan. Sifatnya hanya koordinasi dengan provinsi, karena yang menangani pekerjaan ini dari Provinsi,” kata Manika. (HBO)

Komentar