Sekda Bolsel Menghadiri Rakornas Pengembangan Kompetensi ASN

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Indra Damopolii, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hotel Peninsula Manado, Kamis (18/05) kemarin.
Rakornas pengembangan kompetensi ASN tersebut, merupakan kerja sama dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Pemerintah Provinsi Sulut. Rakornas tersebut mengusung tema ‘Membangun Kompetensi ASN Menuju Human Capital ASN 2025’. Kegiatan yang berlangsung sekira pukul 19.30 WITA di buka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur.
Kepala LAN RI, DR. Adi Suryanto, M.Si dalam laporannya menyampaikan, bahwa ASN Indonesia saat ini memasuki bapak baru. Dimana ASN adalah aparatur yang harus profesional. Kegiatan ini tujuannya untuk membangun kesadaran komitmen dalam membangun reformasi birokrasi, juga meningkatkan kompetensi ASN. “Setiap ASN wajib mengembangkan kompetensi, guna peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja ASN,” jelasnya.
Sementara itu, MenPAN-RB Asman Abnur, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini cukup baik bagi kalangan ASN. Sebab, tuntutan masyarakat dalam pelayanan birokrasi semakin tinggi, sehingga disinilah setiap ASN wajib dapat meningkatkan kompetensinya. “Saya memberikan apresiasi kepada LAN dan Pemerintah Provinsi Sulut. Saya juga berharap ASN mampu membangun karakter yang prima, profesional, inovatif, dan progresif serta produktif dalam tugas sebagai ASA,” terang Asman Abnur.
Ditempat yang sama, Sekprov Sulut Edwin Silangen, mengatakan, pihaknya akan terus mendorong badan Diklat dalam mengembangkan kediklatan ASN. “Kami juga berharap akan tercipta visi dan persepsi ASN di seluruh Indonesia, guna peningkatan kapasitas ASN. Forum ini juga sebagai wadah dalam membangun gagasan yang produktif bagi sesama peserta,” ucap Sekprov.
Sekda Bolsel sendiri, saat mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa rapat koordinasi ini dapat memberikan motivasi kepada ASN khususnya ASN di Bolsel, untuk dapat meningkatkan kompetensi diri. Hal yang paling penting yakni disiplin kerja. Sebagai ASN semua sudah di atur, mulai dari cara kerja. Dan semua ini telah terbekali sejak mengikuti Pra Jabatan, Diklat kepemimpinan dan lainnya. Sehingga diharapkan, ASN harus mampu bersaing dalam kinerja dan mampu meningkatkan kualitas yang dimiliki.
“Negara kalau mau maju salah satu kuncinya adalah pelayanan birokrasi yang baik dan profesional. Sehingga peran pendidikan dan pelatihan bagi ASN sangat penting,” kata Sekda. (HBO)

Komentar