Pelayanan Medis di Desa Terus Ditingkatkan

BOGANINEWS, BOLSEL – Pelayanan kesehatan di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), menjadi perhatian serius dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel. Salah satunya dengan mengisi tenaga medis di Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan tujuan mengoptimalkan pelayanan kesehatan.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bolsel, dr Sadli Mokodongan, beberapa Pustu yang belum memiliki tenaga medis akan segera diisi. “Seperi Pustu Desa Perjuangan dan Modisi akan segera diisi oleh tenaga medis,” kata Sadli. Lanjutnya, pihak Dinkes sudah mempertimbangkan tenaga medis yang akan mengisi Pustu. “Kemungkinan besar Perawat atau Bidan,” ucapnya.
Tenaga tersebut katanya, akan melakukan tiga fungsi, yaitu memeriksa, memberikan obat, serta melayani pasien partus (bersalin). “Kami targetkan pekan depan nama – nama mereka sudah ada,” aku Kadis. Disinggung apakah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau tenaga honor yang akan ditempatkan, ia mengaku jika darurat maka tenaga honor akan mengisi posisi tersebut.
Dikatakannya, Dinkes sendiri tidak ingin mengambil risiko dengan memasukan tenaga medis yang sudah terdaftar sebagai ASN. Sebab, sudah jelas akan mengganggu aktivitas pelayanan Puskesmas Kecamatan, khususnya pelayanan Posyandu. “Kami akan konfirmasikan dengan bagian hukum, jika emergancy maka tenaga honor yang akan kami kirim ke Dua desa tadi,” jelasnya.
Ditambahkannya, untuk tunjangan dan biaya tambahan bagi pegawai daerah terpencil, akan mengacu pada aturan dan regulasi yang ada. “Mereka akan melakukan pelayanan obat setiap hari,” ungkap Kadis.
Sementara itu, Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, mendesak dinas terkait agar segera mengisi tenaga medis di beberapa desa.  Apalagi tidak semua desa memiliki Pustu, padahal pelayanan kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia. “Pelayanan kesehatan harus dioptimalkan,” tegas Bupati. (HBO)

Komentar