Kamaru Sentil Kompetensi ASN

BOGANINEWS, BOLSEL – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Selasa (16/05) membuka kegiatan penyusunan Analisis jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK).
Dalam penyampaiannya Wabup mengatakan, di era globalisasi saat ini sarat dengan persaingan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Sehingga dituntut profesionalisme sumber daya aparatur dalam pelaksanaan urusan pemerintahan.
Profesionalisme yang diharapkan kata Wabup, belum sepenuhnya terwujud. Penyebab utamanya karena terjadi ketidaksesuaian antara kompetensi pegawai dan jabatan yang diduduki. “Ketidaksesuaian ini disebabkan oleh komposisi keahlian atau keterampilan pegawai yang belum proporsional,” ungkapnya.
Lanjutnya, setiap instansi pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan ASN berdasarkan anjab dan ABK. “Kegiatan ini dapat mewujudkan ASN yang berdayaguna dan berhasil guna untuk meningkatkan kemampuan seluruh perangkat daerah dalam menyusun ketentuan hukum yang baik,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Bolsel, Sofyan Amu mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung selama Tiga hari ke depan. “Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan Anjab dan ABK yang memuat uraian jabatan serta dapat diuraikan pada peta jabatan, kebutuhan pegawai dan jumlah kebutuhan pegawai per unit organisasi,” terangnya.
Diketahui, ASN di Bolsel berjumlah 1.740 yang terdiri dari 27 jabatan pimpinan tinggi, 781 jabatan administrasi dan 932 jabatan fungsional tertentu. (HBO)

Komentar