DPRD Himbau Setiap Desa Segera Masukan APBDes

BOGANINEWS, BOLMUT – Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), saat ini sudah siap dikucurkan. Hanya saja Pemerintah Daerah (Pemda) masih menunggu APBDes yang merupakan persyaratan yang wajib dimasukkan oleh setiap desa.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Fadli Tadjudin Usup, bahwa saat sudah 50 desa yang memasukkan APBDes dari total 106 desa. Jika sampai 31 Juli 2017 ada desa yang tidak memasukkan APBDes, maka ADD dan Dandes tidak akan dicairkan.
“Keterlambatan memasukan APBDes dikarenakan lambatnya penyusunan gambar dan draf APBDes,” jelas Fadli. Lanjutnya, ADD dan Dandes di setiap desa sebesar Rp 1 Miliar dan proses pencairannya dilakukan Dua tahap masing-masing tahap Satu 60 persen dan tahap Dua 40 persen. “Kami manargetkan 31 Mei 2017 proses pencairan sudah selesai dilaksanakan,” katanya.
Sementara itu, Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Aktrida Datungsolang saat dimintai tanggapannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi dinas terkait yang telah melakukan langkah-langkah untuk mempercepat pencairan ADD dan Dandes.
“Kami juga menghimbau agar desa-desa yang belum memasukkan APBDes, secepatnya merampungkan persyaratan tersebut. Jangan sampai hal ini bisa menghambat proses mencairkan ADD dan Dandes yang juga dapat menyebabkan terhambatnya pembangunan di desa,” ucap politisi PKS ini. (WaOne)