Bupati Bolsel Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, Selasa (23/05) besok, akan mencanangkan hari Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Bolsel ke-XIV.
Kegiatan yang dipelopori oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD PP dan PA) bekerjasama dengan tim penggerak TP PKK Bolsel, akan dipusatkan di alun-alun ibu kota Kabupaten, Molibagu.
Kadis PMD PP dan PA Deky Paputungan, mengatakan tahun ini mengangkat tema ‘Melalui BBGRM kita sukses program pemerintah daerah Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK)’. “Pencanangan BBGRM akan dirangkaikan dengan hari kesatuan gerakan (HKG) PKK ke-45,” kata Deky.
Lanjutnya, BBGRM digelar untuk kembali mengingatkan dan menumbuhkembangkan semangat jiwa gotong royong baik di bidang pendidikan, pemerintahan hingga kemasyarakatan. “Jadi BBGRM ini, merupakan kegiatan tahunan tingkat Nasional, Provinsi maupun Daerah,” jelasnya.
Dalam pencanangan nanti kata Deky, akan digelar berbagai kegiatan diantaranya, pengukuhan Forum Anak Daerah (FAD), berbagai lomba dan penyerahan bantuan kepada kelopok tani. “Juga akan ada penyerahan Satu unit kantinting untuk kelompok nelayan dan bibit pertanian untuk Kelompok Wanita Tani (KWT),” akunya.
Terpisah, Sekretaris TP PKK Bolsel Suhartini Damo mengatakan, untuk HKG PKK ke-45, mengangkat tema ‘Akselerasi program PKK untuk mewujudkan visi misi gerakan PKK’. “PKK juga akan menggelar berbagai lomba dengan peserta darma wanita persatuan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten dan PKK,” jelas Damo.
Lomba yang akan digelar, di antaranya, lomba menu serba ikan, lomba menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dan lomba merangkai holtikultura. “Ada juga lomba festival kuliner,” aku Damo. Selain itu kata Damo, kegiatan akan diisi dengan penyuluhan Narkoba, penyuluhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi kader PKK dan kecamatan.
“Nantinya ada pemeriksaan kesehatan, pemasangan KB gratis dan pemeriksaan Paps smear bagi pemegang kartu BPJS. Masyarakat yang ingin memeriksa kesehatan juga silahkan datang,” ucapnya. (HBO)

Komentar