Air Terjun Botuliodu Siap Dikembangkan

BOGANINEWS, BOLSEL – Air terjun Botuliodu merupakan destinasi wisata di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dari air terjun ini diantaranya, air mengalir diatas hamparan bebatuan yang terlihat begitu mempesona. Sehingga, air terjun Botuliodu ini rencananya akan dikembangkan hingga ke manca negara.
Menurut Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan (Dispar) Kabupaten Bolsel, Resli Paputungan, air terjun ini akan menjadi potensi wisata unggulan di daerah. “Selain keunikannya, air terjun ini memiliki nilai sejarah menarik lewat cerita dongeng,” kata Resli, Senin (29/05) di sela-sela aktivitasnya.
Seperti pemberian nama yang diambil dari sejarah tanda kaki raksasa yang berada di atas batu pantai karang Botuliodu. “Makanya air terjun itu dinamakan Botuliodu (tanda kaki) dalam bahasa Gorontalo,” jelasnya. Pemerintah juga kata Resli, sudah melakukan pembebasan lahan, serta melakukan berbagai kajian untuk pengembangan infrastruktur, seperti bak tempat mandi dan kamar bilas.
“Juga akan dilakukan peningkatan akses jalan menuju lokasi sepanjang kurang lebih 350 meter. Posisi air terjun ini sangat berpotensi untuk dikembangkan, siapa yang datang pasti tertarik untuk kembali ke sini,” kata Kadis. Air terjun yang tidak pernah kering meski pernah dilanda kemarau panjang pada tahun 1982 dan 1992 ini, punya keunggulan lain dengan memiliki Dua aliran arus air, juga memiliki dinding batu yang curam, cocok untuk kegiatan olah raga panjat tebing.
Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Wisata Delfian Thanta, mengatakan promosi dilakukan dengan berbagai cara. Seperti melalui website milik pemerintah Bolsel, akun sosial, buku dan sebagainya. “Termasuk hadir dalam kegiatan promosi wisata Nasional,” jelas Delfian. (HBO)

Komentar