Peserta Dari Manado dan Malaysia Dominasi Juara Foto Underwater FTT Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Sebanyak 84 peserta foto underwater berhasil mengumpulkan 500 file foto yang telah dilombakan pada Festival Teluk Tomini (FTT) 2017 di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel).

Tak hanya itu, bahkan para peserta foto underwater berhasil menyabet penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kategori penyelam terbanyak dan pameran foto bawah laut terbanyak. Penjurian lomba foto underwater yang berlangsung sejak Kamis 20 April sampai dengan 22 April tersebut, cukup ketat.

Dari 500 lebih file foto yang dikumpulkan oleh semua peserta, oleh tim juri menyeleksi 10 foto terbaik yang masuk dalam 10 besar. Selanjutnya dinilai langsung dihadapan masyarakat dan pemerintah daerah. Komposisi juri tahun ini sama seperti tahun – tahun sebelumnya, yaitu Juri Internasional, Nasional dan Lokal dari Sulawesi Utara (Sulut).

Seperti yang diketahui ketiga Juri yang sudah berpengalaman menjuarai Lomba foto underwater diberbagai daerah yang berkesempatan berpartisipasi dalam FTT tahun ini adalah Imran Ahmad, Sofi Aida Sugiharto dan James Mamoto.

Usai melakukan penilaian yang cukup ketat, akhirnya ketiga juri menetapkan pemenang lomba foto underwater yang terbagi dalam empat kategori. Yakni, Kelas Compact Macro, Compact Wide, SLR Macro dan SLR Wide. Kemudian juara Umum Lomba Foto tahun ini diraih Oleh Manado, kemudian disusul Tim dari Malaysia dan Ketiga oleh Depok.

Imran Ahmad Juri Internasional Sebagai perwakilan dari Juri mengungkapkan, ini bukti Kualitas dan kekayaan serta keragaman bawah laut di Bolsel yang kaya. Semua gambar yang sudah diseleksi mampu menjawab tanya mengapa Bolsel menjadi primadona untuk wisata selam di Indonesia, dilihat dari keunikan makronya dan landscape yang menakjubkan. “Saya memberikan penghargaan kepada semua Juri yang terlibat dalam kompetisi ini yang sudah berkontribusi untuk belantika wisata selam dunia,” kata Imran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Resly Paputungan melalui kepala bidang Promosi pariwisata Delfian Thanta mengakui, penjurian lomba foto underwater tahun ini berlangsung fair dan cukup ketat.

“Tidak ada kecurangan. Karena para juri tidak mengetahui itu pemilik foto yang sedang dinilai, dan foto yang dihasilkan benar-benar foto dari laut Bolsel selama dua hari pelaksanaan lomba berlangsung,” jelas Delfian Senin (24/4). Tak lupa dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang foto underwater. “Yang belum berhasil meraih juara, jangan berkecil hati masih ada FTT tahun-tahun berikutnya,” pungkas Eping sapaan akrabnya. (Ino)

Pemenang Lomba Foto

Kategori Compact Macro :
Juara I Hendro Pesot ( Manado)
Juara II  Jefry Takapente (Manado
Juara III Ayub Mooduto (Bolsel)

Kategori Compact Wide :
Juara I Rocky Rogaga (Manado)
Juara II Fazrul (Malaysia)
Juara III Moh Haikal (Malaysia)

Kategori Open Macro :
Juara I Gian Victoria (Jakarta)
Juara II Roy Legi (Manado)
Juara III Divo (Depok)

Kategori Open Wide :
Juara I Ismadi Ismail (Malaysia)
Juara II Edy Lee (Medan)
Juara III Divo (Depok)

Komentar